Friday, January 24, 2014

Perancangan Sistem Basis Data Inventory Furniture Bagian 2

Postingan ini membahas lanjutan tentang Perancangan Sistem Basis Data Inventory Furniture Bagian 1. Untuk pembahasannya, pada artikel ini dijelaskan tentang pembuatan ER-Diagram Versi Yourdon dengan menggunakan Software Power Designer 6, dan membahas tentang normalisasi tabel.
Berikut dibawah ini penjelasan lebih lengkap dijelaskan pada bagian 2.  

Perancangan Basis Data Fisik
(Hasil Generate Power Designer Data Architect)


Penjelasan :
  • Primary key antara Stok Barang dengan Penjualan yang digunakan Kode Barang, karena dalam relasinya Stok Barang ke Penjualan menggunakan relasi one to many.  
  • Primary key antara Penjualan dengan Barang Keluar yang digunakan Kode Penjualan, karena dalam relasinya Penjualan ke Barang Keluar menggunakan relasi many to one.  
  • Primary key antara Stok Barang dengan Pembelian yang digunakan Kode Barang, karena dalam relasinya Stok Barang ke Pembelian menggunakan relasi one to many.  
  • Primary key antara Pembelian dengan Barang Masuk yang digunakan Kode Pembelian, karena dalam relasinya Pembelian ke Barang Masuk menggunakan relasi many to one.

Normalisasi  
Normalisasi merupakan suatu proses untuk mendapatkan struktur tabel atau relasi yang efisien dan bebas dari anomaly, dan mengacu pada cara data item dikelompokkan ke dalam struktur record, Normalisasi juga merupakan proses pembentuka struktur basis data sehingga sebagian besar kerancuhan data bisa dihilangkan.Normalisasi  Normalisasi merupakan suatu proses untuk mendapatkan struktur tabel atau relasi yang efisien dan bebas dari anomaly, dan mengacu pada cara data item dikelompokkan ke dalam struktur record, Normalisasi juga merupakan proses pembentuka struktur basis data sehingga sebagian besar kerancuan data bisa dihilangkan.


Tabel tidak terormalisasi. Bentuk tidak ternormalisasi dari kasus mengenai struk penjualan barang, adalah sebagai berikut : 


1NF - Bentuk Normal Pertama  
Pada bentuk normal pertama, setiap perpotongan baris dan kolom hanya memiliki satu nilai. Bentuk normal pertama juga tidak memperkenalkan adanya atribut bernilai banyak dan atribut komposit. 


2NF - Bentuk Normal Kedua  
Bentuk normal kedua terpenuhi jika sudah memenuhi bentuk normal pertama dan semua atribut selain primary key secara utuh memiliki memiliki keterkaitan antar atribut terhadap primary key. Jika terdapat atribut yang tidak memiliki ketergantungan terhadap primary key, maka atribut tersebut harus dipindah atau dihilangkan.


3NF - Bentuk Normal Ketiga  
Bentuk normal ketiga akan terpenuhi jika sudah memenuhi bentuk 2NF dan tidak ada atribut non primary key yang memiliki ketergantungan terhadap atribut non primary key yang lain(ketergatungan transitif).


Dalam hal ini pada tahap kedua Tabel Struk dibagi lagi menjadi tabel yang berbeda dengan primary key yang sama, namun memiliki atribut non primary key yang berbeda sesuai dengan fieldnya. 


KESIMPULAN

Dari hasil sistem yang telah kami buat tentang sistem pergudangan dalam sebuah furniture, kami menyimpulkan bahwa :
  • Proses utama dalam sistem pergudangan ini adalah proses barang masuk yaitu proses pembelian dan proses barang keluar yaitu proses penjualan. 
  • Dengan dibuatnya sistem pergudangan yang ada di furniture ini dapat mempermudah dalam mengelola data barang baik data stok barang di gudang , barang masuk dan keluar tanpa terjadi kesalahan informasi data.  
  • Dengan dibuatnya sistem pergudangan yang ada di furniture ini diharapkan tidak lagi mengalami kesalahan hitung dalam pengelolaan sistem, baik dalam proses stok barang, proses penjualan, proses barang keluar, proses pembelian, serta proses barang masuk. 

Demikian sedikit  penjelasan tentang perancangan sistem basis data inventory dengan menggunakan Power Designer, untuk mendapatkan laporan perancangan diatas secara lengkap silahkan bisa menghubungi kontributor atau penulis.
Terima Kasih, semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Post a Comment