Tuesday, January 21, 2014

Sistem Peminjaman Uang Pada Koperasi Karyawan PT. Pengerukan Indonesia

Dalam postingan berikut  ini, saya akan membahas  tentang  Sistem Peminjaman Uang pada Koperasi Karyawan di PT.Pengerukan Indonesia, pembahasan lengkapnya akan dibahas pada poin-poin dibawah ini.
ANALISIS MASALAH
Pinjaman Anggota :
Pinjaman anggota koperasi karyawan PT. Pengerukan Indonesia adalah pinjaman jangka panjang, yang dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Pinjaman ini ditangani oleh pengurus koperasi dan kepala bagian akunting.
  • Anggota yang berhak meminjam uang adalah anggota yang bekerja pada PT. Pengerukan Indonesia, dan pensiunan perusahaan tersebut yang terdaftar menjadi anggota koperasi karyawan. Anggota yang berhak meminjam uang adalah mereka yang sedang tidak meminjam uang ke koperasi. Bagi anggota yang masih mempunyai pinjaman tidak diperkenankan meminjam uang sampai pinjamannya lunas.
  • Jika anggota disetujui untuk memperoleh pinjaman, maka anggota akan memperoleh uang sebesar pinjaman serta tanda terima pinjaman.  
  • Besar pinjaman yang ditetapkan sesuai dengan slip gaji anggota dari instasi PT. Pengerukan Indonesia. Pemotongan gai untuk pembayaran hutang harus kurang dari 50% dari gajinya, dan maksimum pembayaran tiga bulan.
Sistem Pembayaran :
Sistem pembayaran tunai : dibayar langsung oleh peminjam kepada koperasi sesuai dengan kesepakatan perjanjian dengan koperasi yang memberikan pinjaman.
Sistem pembayaran payroll : pembayaran dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu PT. Pengerukan Indonesia melalui bagian akunting, melalui pemotongan gaji karyawan.

Diagram Konteks Peminjaman Koperasi

Diagram Level 0


ERD Sistem Peminjaman Uang di Koperasi



Demikian  contoh  pembahasan tentang  Sistem Peminjaman Uang di Koperasi,
sistem diatas  hanya membahas  sebagian kecil dari lingkup bisnis dalam koperasi. Untuk kedepannya sistem yang dirancang diharapkan lebih membahas cakupan yang sangat luas lagi.
Semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Post a Comment